Prompt untuk pembuatan Modul Ajar dengan Chat GPT

Image
Saya nama lengkap ., Guru mapel SMPN ketik , Tolong buatkan modul ajar (rencana pembelajaran) dengan pendekatan berdiferensiasi untuk kelas berapa dengan tujuan pembelajaran diketik , berapa jam pelajaran (... menit) dengan menggunakan pembelajaran problem based learning dan pemanfaatan digital paltform dengan susunan sebagai berikut, Informasi umum Judul Modul Ajar Pemilihan satuan dan jenjang pendidikan Pemilihan Fase dan kelas Pemilihan mata pelajaran Deskripsi umum modul ajar Identitas penulis modul Capaian dan Tujuan Pembelajaran Capaian Pembelajaran Tujuan Pembelajaran dari keseluruhan Modul Ajar Alur Tujuan Pembelajaran Dimensi Profil Pelajar Pancasila Detail Rancangan Penggunaan Total alokasi Jam Pembelajaran (JP) dan jumlah pertemuan Penentuan model belajar (daring, luring, campuran) Sarana Prasana Prasyarat Kompetensi Detail Pertemuan Alokasi Jam Pembelajaran (JP) per pertemuan Rincian Kegiatan Pembelajaran, yang disarankan terdiri dari: Tujuan Pembelajaran Indikator Kebe

Tahukah Kamu?


Tahukah Kamu?

Nomor Induk Siswa Nasional

Definisi NISN?
       NISN merupakan layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara nasional yang dikelola oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. NISN adalah kombinasi angka unik yang diberikan oleh setiap sekolah. NISN diberikan pada siswa mulai dari SD, SMP, dan SMA. NISN memiliki sifat permanen alias angka tersebut tidak berubah dari jenjang pendidikan SD hingga SMA. NISN biasanya digunakan sebagai salah satu persyaratan dalam pendaftaran peserta didik baru. Terkadang, NISN juga berfungsi untuk penerimaan rapor hasil belajar siswa. NISN ini hanya berlaku selama pemegang menjadi siswa.

Ciri-ciri NISN?
        NISN terdiri dari sepuluh angka unik yang selalu diawali tiga angka yang merupakan tahun kelahiran siswa tersebut

Manfaat lain dari NISN, antara lain:
o   Mengidentifikasikan setiap individu siswa di seluruh sekolah Indonesia secara standar, konsisten, dan berkesinambungan.
o   Sebagai sistem pendukung program Dapodik dan program-program perencanaan pendidikan.
o   Sebagai pusat layanan sistem pengelolaan nomor induk siswa secara online.

NISN Kamu sudah benar?
       
Untuk mengecek apakah NISN sudah benar. Kamu dapat mengecek secara online melalui situs https://nisn.data.kemdikbud.go.id.
 Langkah-langkah mengecek NISN secara online adalah:
1.    Perangkat yang digunakan bisa telepon genggam, Laptop, Tablet atau Komputer yang terhubung dengan internet.
2.    Gunakan mesin pencari (Search Engine) yang di intal di perangkat yang kamu miliki. Misalnya Google chrome, opera dan lain-lain.
 3.    Ketik alamat https://nisn.data.kemdikbud.go.id.,  akan terlihat tampilan sebagai berikut

Pada gambar di atas pencarian yang dilakukan berdasarkan NISN. Kalian tinggal memasukkan NISN dan nama Ibu Kandung. Setelah data dimasukkan klik cari’.
4.    Apabila cara di atas tidak ada hasil. Maka ada cara berikut. Perhatikan gambar berikut:

Pada gambar di atas pencarian NISN dibutuhkan data nama siswa, tempat lahir, tanggal lahir dan nama Ibu Kandung, kemudian klik cari.
5.    Apabila cara di atas tidak membuahkan hasil. Kalian dapat bertanya kepada guru di sekolahmu atau operator sekolah.

(Sumber: https://id.wikipedia.org/wiki/Nomor_Induk_Siswa_Nasional dan https://nisn.data.kemdikbud.go.id/)

Comments

Popular posts from this blog

E-BOOK BAHASA INDONESIA KELAS VII, VIII DAN IX

PELAKSANAAN REMEDIAL BAHASA INDONESIA SEMESTER GANJIL 2021/2022